BLOW MOLDING PROCESS

BLOW MOLDING PROCESS






Disusun Oleh :



Shafira Pradyta      1605106010035

Reza Imanda           1605106010037
 Yesi Ardiani             1605106010038 
Annisa Azzahra       1605106010039
Khalis Firnanda      1605106010040












PROGRAM STUDI TEKNIK PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
DARUSSALAM  BANDA ACEH
2017





A. Pengertian
       Blow molding adalah proses penggembungan material thermoplastik menjadi bentuk berongga (hollow) atau mengikuti arah aliran parison dalam kondisi panas (suhu leleh material) berada didalam cetakan (mold) yang tertutup, sehingga pada akhir proses penggembungan dibantu dengan fluida tekan (gas) akan terbentuklah profil material thermoplastik yang sesuai dengan bentuk cetakan (mold), dengan ketebalan dinding yang uniform dan fokus perhatian adalah lebih diberikan pada bagian outside dari produk komponen yang dihasilkan.





Tahapan utama dari proses blow molding bisa dijelaskan secara singkat sebagai berikut :
  1. Material thermoplastik dipanaskan sampai keadaan lelehnya tercapai
  2. Selanjutnya lelehan diekstrusi melalui die head untuk membentuk tube berongga (hollow) yang biasa dikenal sebagai PARISON
  3. Parison lalu dijatuhkan diantara dua bagian cetakan yang melingkar yang selanjutnya digelembungkan dengan fluida pendorong (gas, udara dll)
  4. Lelehan thermoplastik selanjutnya akan mengalami pengerasan karena proses pendinginan yang diberikan oleh cetakan (mold)
  5. Setelah tercapai waktu pendinginan optimum maka cetakan (mold) akan terbuka dan produk akhir terjatuh akibat gaya gravitasi atau penggerak otomatis lainnya
          Product utama yang dihasilkan melalui teknik blow molding adalah botol plastik yang selanjutnya bisa diproduksi dengan berbagai macam plastik yang berbeda disesuaikan dengan properties yang diharapkan dan menggunakan metode yang berbeda-beda namun yang paling banyak diaplikasikan oleh dunia industri meliputi
  1. Ekstruksi Blow Molding
  2. Injeksi Blow Molding
  3. Stretch Blow Molding
  4. Reheat Blow Molding
1. EKSTRUKSI BLOW MOLDING

        Pada metode ini, pembuatan parison  dan peniupan dilakukan dalam satu mesin. setelah dilakukan ekstrusi kedalam cetakan, parison akan langsung ditiup untuk dikembangkan tanpa didinginkan terlebih dahulu dalam satu tahap. Proses oini memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis metode blow moulding,

Gambar 1. Prinsip dan Proses cara kerja Ekstruksi Blow Molding

          Namun, Metode ini hanya dapat dilakukan jika semua produk yang dihasilkan akan langsung dipindahkan dan dipergunakan karena akan memakan tempat lebih besar untuk penyimpanan hasil akhir. Biasanya jenis produksi ini juga diikuti oleh proses pengisian dalam satu lini produk pada perusahaan yang memiliki kapasitas produksi rutin dan besar. 



2. INJECTION BLOW MOLDING

          Metode ini mirip dengan injection, namun pada metode ini terdapat tambahan tahap untuk mengembangkan parison dengan menggunakan udara. Selain itu juga metode lain dalam injection blow molding yaitu Stretching Blow Mould. 


                              Gambar 2. Prinsip dan Proses cara kerja Injection Blow Molding




3. STRETCH BLOW MOLDING

          Proses ini berupa pembentukan plastik dengan cara direntangkan (stretch) sampai tercapai ukuran yang diinginkan dengan mempertimbangkan ketebalan bakalan plastik. Proses ini sangat baik digunakan untuk plastis dengan jenis PET. Terdiri dari komponen injeksi, stretcher dan blow. 

Tahapan Proses:
1. Plastik dalam keadaan melting diinjeksikan kedalam kaviti dalam bentuk bakalan.
2. Plastik di stretching (direnggangkan) sesuai dimensi yang diperlukan.
3. Udara ditiupkan sehingga plastik mengembang dan menempel sesuai bentuk mold.
4. Cetakan membuka untuk pengeluaran produk.

                                  Gambar 3. Prinsip dan Proses cara kerja Stretch Blow Molding


4. REHEAT BLOW MOLDING
          Ini adalah jenis proses blow stretch yang merupakan preform injeksi byban di luar vendor. Ada banyak perusahaan yang memproduksi stock preforms ini secara commersial. Pabrik membeli preforms dan memasukkannya ke mesin yang bisa mengolahnya kembali sehingga bisa meledak.









Sumber:



https://www.slideshare.net/Scullivan/streamlineplasticscom-slideshare-hq1-01-06-14-v1


Komentar

  1. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

    Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
    Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

    Mobile : 0813-1084-9918
    Whatsapp : 0813-1084-9918
    name : Tommy. K
    Email1 : tommy.transcal@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMBUATAN BAJA

Deskripsi Aluminium